Share! ;)

Jumat, 17 Juni 2016

Sidoarjo Zero Waste, Sidoarjo kita, kehidupan kita. Jangan membuang sampah sembarangan dan  jangan pula membakarnya sembarangan di ruang terbuka. Semua demi kesehatan kita dan kebaikan kita bersama.
Sampah bila di buang sembarangan mengakibatkan lingkungan menjadi kotor dan bau, sampah tersebut akan menyumbat saluran air ketika hujan, mengakibatkan sungai menjadi dangkal, dan akhirnya banjir.

Disisi lain, sampah bila dibakar sembarangan di ruang terbuka menghasilkan asap yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Bila dibakar, sampah plastik seperti botol, gelas, kamasan, wadah, dan sebagainya menghasilkan asap beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Asap hasil pembakaran sampah mengandung kimia berbahaya seperti dioxin, furan, styrene, benzene, formaldehyde, mercury, lead, cadmium. Menghirup asap hasil pembakaran sampah dalam jangka panjang bisa mengakibatkan penyakit seperti asma, serangan jantung, menurunnya sistem kekebalan tubuh, gangguan hormon, gangguan reproduksi, anemia, leukemia, kanker paru.

Sebagai contoh nyata, kepala kita pusing, perut mual, nafas sesak ketika kita menghirup sedikit saja asap hasil pembakaran sampah. Itu adalah bukti nyata betapa berbahayanya asap hasil  pembakaran sampah.

Selamatkan dan hindarkan diri kita, keluarga kita dari penyakit yang disebabkan menghirup asap hasil pembakaran sampah.

Mulai dari diri sendiri, jangan membakar sampah, ingatkan mereka yang membakar sampah tentang bahaya asap hasil pembakaran sampah, siram dengan air jika menemui sampah yang dibakar.
Karena ketidaktahuan satu orang bisa merugikan banyak orang, satu orang membakar sampah dan orang di sekitarnya di rugikan karena menghirup asapnya. Jangan membakar sampah, meskipun itu di tanah milik sendiri,  semua demi kebaikan kita bersama.

Buang sampah di tempat sampah, tugas pemerintah mengelolahnya. Bila dikelola menggunkan insinerator, sampah dipindahkan oleh petugas kebersihan dari tempat sampah ke tempat pengelolahan sampah, di sana sampah di kelola menggunakan insinerator, pengelolahan sampah menggunakan insinerator dapat mengurangi sampah sampai 90%,  kemudian sisa pengelolaan dengan insinerator di kelola di tempat pembuangan sampah akhir.

Masyarakat membuang sampah di tempat sampah.
Pemerintah mengelolah sampah.

Dibutuhkan kerjasama, pemahaman dan kesadaran kita bersama.

Semua Demi Sidoarjo Kita, Keluarga Kita, Lingkungan Kita, Kesehatan Kita, Masa Depan Kita Semua.

Popular Posts